Jumat, 27 Juli 2018

RESEP NUGGET AYAM DAN TIPS

Halo halo siapa yang enggak suka nugget? Makanan olahan yang siap goreng kapan aja. Rasa nya yang gurih dan lezat menjadi teman setia nasi panas. Biasanya disukai kebanyakan anak-anak dan juga orang dewasa. Nah untuk kesehatan, lebih baik coba yuks buat nugget homemade. Dengan membuat nugget sendiri, adalah salah satu cara mengurangi konsumsi bahan pengawet yang berlebihan.

Kamu yang punya segudang aktivitas dan tidak terlalu punya banyak waktu untuk bikin makanan aneh-aneh. Kudu coba bikin ini juga. Beri satu waktu untuk membuat stock bahan-bahan makanan seminggu an. Stock makanan ala kamu sendiri. Selain lebih terjamin, kesehatan juga terjaga. Save your family yaa gaes..

Nah, cara membuat nugget ayam ala rumahan itu mudah loh. Nugget juga bisa dimodifikasi dengan campuran sayuran juga dan dapat dikreasikan oleh kita sendiri. Nah nugget sendiri, dapat awet di freezer dengan suhu stabil selama kurang lebih 1 bulan. Tapi biasanya aku membuat stock 1 minggu an. Nugget buat stock sarapan pagi atau makan tengah malam tiba-tiba lapar.



Resep
·      Daging ayam giling 250 gr
·      Wortel besar, serut halus - 1 buah
·      Telur, kocok lepas- 2 butir
·      Bawang bombay, cincang - 1 butir
·      Bawang putih, haluskan - 2 siung
·      Tepung sagu - 3 sdm
·      Tepung terigu - 1 sdm
·      Kaldu ayam bubuk - 1 sdt
·      Merica - 1/4 sdt
·      Gula pasir - 1/2 sdt
·      Garam - 1 sdt

Pelapis:
·      Telur, kocok lepas- 1 butir
·      Tepung panir orange – secukupnya
·      Garam / bubuk kaldu – secukupnya

Langkah
1.        Campur semua bahan dan bumbu. Aduk hingga rata hingga tidak ada yang menggumpal
2.        Siapkan loyang yang telah dialasi plastik tebal (tahan panas) dan dioles sedikit minyak.
3.        Tuang adonan nugget ke loyang. Kukus selama 30 menit hingga matang. Keluarkan loyang dan dinginkan.
4.        Keluarkan nugget dari loyang dan potong-potong sesuai selera.
5.        Siapkan semua bahan pelapis. Celupkan ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung panir yang sudah dikasih garam/bubuk kaldu sambil ditekan-tekan agar panir melekat sempurna.
6.        Goreng hingga berwarna orange kecoklatan. Kalau ingin disimpan d freezer, goreng sebentar lalu angkat. Tunggu dingin dan dapat dimasukkan ke freezer.
7.        Panaskan banyak minyak. Goreng nugget hingga matang berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
8.        Siap disajikan.

TIPS
  • Beli daging ayam fillet tanpa tulang, cuci jika masih ada darah dan kotorannya. Beri jeruk nipis  diam kan beberapa menit lalu cincang sendiri (cara menghilangkan bau amis). Jika beli di supermarket yang sudah halus pastikan daging bersih dari darah dan kotoran ya gaes. Dan cuci menggunakan saringan santan yang besar ya agar daging tidak terbawa air.
  •   Ada beberapa jenis tepung panir. Ada yang butiran kasar, sedang dan halus. Pilihlah yang halus jika potongannya kecil agar padat merata.
  •  Campuran sayur bisa dimodifikasi. Wortel atau daun bawang diiris halus atau yang lain yang bisa direkreasikan. Atau tanpa kreasi juga masih oke kok. hihi.


Terima kasih
Agnisaa, 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar