Minggu, 15 Juli 2018

Persiapan Pernikahan

Halo kalian yang mau mempersiapkan pernikahan. Hal yang pertama harus disiapkan adalah pasangan. Wkwk. Iyalah, nanti nikahnya sama siapa dong. Habis itu budget yang dipunya berapa. Dari situ kita menentukan budget kita masuk untuk di lokasi yang seperti apa. Ada beberapa tipe lokasi pernikahan, Pertama, di ruang serba guna atau masjid atau aula masjid. Kedua, gedung-gedung kementrian atau ourdoor area. Ketiga, hotel.

Alhamdulillah aku dapat lokasi pernikahan di Aula Serba Guna Komp. DPR kali bata. Jangan tanyakan berapa biayanya, ini rejeki luar biasa gaes. Gretoong! But uang yang seharusnya keluar bisa alirkan ke tempat lain. Biaya tempat, masjid besar di jakarta sekitar 4-6 juta, gedung-gedung kapasitas maksimal 1200 org sekitar 4-10 juta. Gedung kementrian 8-15juta. Ini aku survey oktober 2017 ya gengs. Sebelum survey, bisa by phone dulu memastikan apakah ada tanggal yang dimau atau ada yang kosong tanggal berapa. Lelah kan survey ke semua lokasi, kalau ternyata lokasi-lokasinya full booked semua.

Setelah lokasi sudah dapat, kita dapat menentukan catering. Aku memilih paketan catering yang sudah include dengan paket make up, baju, dekorasi dan foto. Karena orangtua ku enggak mau ribet dan mau yang akur aja hihi. Biasanya budget juga lebih murah. Dan kelebihannya kordinasinya lebih mudah, soalnya sudah satu catering. Akan tetapi jika memilih vendor yang berbeda-beda pun tidak masalah, lebih hati-hati setiap detail dan koordinasinya.

Yang perlu diperhatikan detail, apakah vendor dekorasi, baju, foto dan make up punya sendiri atau rekanan dengan vendor lain. Jadi bisa diliat siapa rekanan-rekanan cateringnya dan perbandingan hasil kerja setiap vendor by photo. Untuk make up apakah kita punya vendor favorite yang kita mau, apakah ada di dalamnya atau tidak. Selain itu juga kita bisa kepo hasil kerjaannya via instagram. Ups, ketauan. Ya iyalah makanya kita harus sedetail itu dalam memilih. 

Oia, apakah vendor yang kita inginkan apakah sudah termasuk dalam paketan atau mesti ada biaya tambahan. Begitu juga untuk foto, apakah ada angel-angel khusus yang kita mau, kita bisa request loh ke babang potonya. Khususnya dekor, karena aku maunya bertema rustic. Jadi ini ku beri perhatian khusus kepada PIC nya agar tidak melenceng dari tema. Khusus baju, survey aja ke semua lokasi butiknya. liat kondisi bajunya sudah beberapa kali pakai. Dan apakah ada yang rusak payetnya atau warnanya sudah kusam dan cek tanggalnya apakah masih bisa dipakai atau tidak. Pastikan fitting juga 2 minggu sebelum hari H.

Dalam pemilihan vendor, aku putuskan untuk ikut pameran wedding waktu itu d JCC. Oia kalo sudah ada niatan menikah, cek pameran wedding kapan saja, setaun ada sekitar 3-4 pameran ya gaes. Ada beberapa catering yang sudah dipakai oleh kakak dan sepupu-sepupuku. Ini bisa jadi beberapa referensiku, untuk mencoba tester-tester makanan. Capek dan kenyang loh..wkwk Dikit-dikit tapi lumayan sih abis itu cek harga dan negosiasi. Cek sampai detail yang tadi di atas yak. Ada beberapa list catering, misalnya Sawargi, Puspita Sawargi, Van Java Catering, Hendra Pelangi, Diamond dan Nendia Prima Rasa.

Untuk datang ke pameran, sebaiknya bisa dateng di hari jumat untuk tester, hari sabtunya bisa diskusi dengan keluarga+calon dan hari minggu nya bisa deal. Untungnya banyak loh bisa deal disana, banyak bonusnya. Dan kalau beruntung di malam penutupan ada hadiah acak untuk calon pasangan yang deal saat pameran mendapat hadiah menarik. Sayang aku gak datang, dan gak tau kesebut gak nomor undian aku. hihi.

Setelah mencoba dan negosiasi tingkat dewa akhirnya pilihan catering tepat pada Nendia Prima Rasa. Yeay! Rasanya paling makjos dan yang pasti pelayanannya paling oke. Baik dan sabar banget dengan orang yang sangat detail kayak aku hahaha. Dan yang pasti sesuai dengan dekorasi yang aku inginkan ya gengs. Aku enggak mau nambah-nambah biaya lagi. Deal saat itu, ya itu aja ya. Tidak ada nambah-nambah.

Sesuai konsep yang diinginkan. Thank you

Oia aku juga mau terima kasih juga sama keluarga besar aku yang sudah turut repot menjadi panitia. Karena disini, aku sepupu perempuan paling akhir yang nikah. Ini terakhir kami repot-repot ngurus wedding. Soalnya kalo cowok kan, kami enggak jadi tuan rumah..hihi.



My Fams



Nah untuk hena tatto disini, aku pakai jasanya mba dara. 
Good job! Puas dan badai banget hasilnya.




03.03.2018
Semoga aku bagian dari doa mu. Dan kamu bagian dari doa aku.
Semoga mimpi-mimpi kami dapat terwujud bersama


Catering by @nendiaprimarasa
Make up and attire by @Lgallery
Decoration by @gavida.decor
Hena by @dara.hena



Terima kasih

Agnisaa, 2018


Tidak ada komentar:

Posting Komentar